Minggu, 25 Oktober 2015

Mengenal Penyakit Osteomalacia

Mengenal Penyakit Osteomalacia, Osteomalasia adalah kelainan pada tulang yang menyebabkan tulang menjadi lunak dan rapuh sehingga tulang mudah mengalami patah tulang. Kerapuhan tulang merupakan akibat dari penurunan asupan vitamin D atau efek samping gagal ginjal. Osteomalasia memiliki kemiripan dengan osteoporosis dalam hal menyebabkan tulang rapuh, namun keduanya dapat dibedakan berdasarkan penyebab dan ciri-ciri penderitanya.

Ciri-ciri utama penyakit Osteoporosis lainnya, mari disimak.
  1. Fraktur (Patah Tulang). Seringkali seseorang tidak mengetahui ia terserang osteoporosis, karena serangannya tidak diawali dengan tanda-tanda. Biasanya diketahui secara kebetulan pada saat pengambilan foto rontgen karena penyakit lain, kecelakaan ringan atau pada saat seseorang mengalami patah tulang.
  2. Patah Tulang Pinggul dan atau Pinggang. Patah tulang pada daerah ini sering terjadi karena tulang ini merupakan penyangga bagi tubuh. Hal tersebut terjadi karena tulang terbiasa memikul beban berat, namun tidak dibarengi dengan kecukupan kebutuhan kalsium.
  3. Nyeri Menahun. Nyeri merupakan 5 Ciri-ciri utama penyakit Osteoporosis yang paling sering dialami oleh penderita osteoporosis. Hal ini dikarenakanterjadinya kolaps tulang belakang yang menyebabkan nyeri punggung menahun. Biasanya nyeri  timbul secara tiba-tiba dan dirasakan di daerah tertentu dari punggung, yang akan bertambah nyeri jika penderita berdiri atau berjalan.
  4. Patah Tulang Tungkai. Tulang manusia terdiri dari 2 lapisan yaitu lapisan luar yang keras dan lapisan dalam yang seperti spons. Bila seseorang terserang osteoporosis maka tulang sebelah luarnya menjadi tipis dan mengakibatkan jaringan spons melebar sehingga tulang menjadi mudah retak. Hal itu pula yang terjadi pada tulang tungkai.
  5. Kelainan Bentuk Tulang. Jika kepadatan tulang sangat berkurang, tulang menjadi kolaps atau hancur, maka akan timbul nyeri tulang dan kelainan bentuk.

Penyebab Terjadinya Penyakit Osteomalasia

Unsur yang di pentingkan dalam membangun tulang  yang kuat yaitu kalsium , vit D , dan fosfat . jika unsur tersebut tidak ada dalam tubuh atau keberadaan nya hanya sedikit di dalam tubh maka anda terkena penyakit osteomalasia. Dengan begitu sangatlah penting sekali asupan nutrisi yang berguna untuk pembentukan tulang atau bisa juga mengkonsumsi obat Triflex Capsule merupakan Obat Radang Sendi Tulang juga sangat ampuh mengatasi masalah tulang karena di dalam obat tersebut terdapat kandungan seperti kalsium , Drynaria Rhizome , Astragalus Mongholicus yang membantu untuk pembentukan tulang anda . berikut adalah penyebab penyebab penyakit osteomalasia :
  • Kekurangan vitamin D
Kekurangan vitamin D memiliki beberapa faktor diantaranya kurang nya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D , kurang nya paparan sinar matahari dan ketidakmampuan tubuh dalam menyerap vitamin D  .

Sinar matahari menghasilkan Vitamin D pada kulit anda. keberadaan vitamin D dalam tubuh sangatlah penting sekali dalam proses pembentukan tulang . Orang yang kurang terkena paparan sinar matahari  memiliki resiko lebih besar mengidap penyakit osteomalasia.
  • Penyakit Celiac
Penyakit ini merupakan penyakit gangguan yang terjadi pada autoimun , yang dimana usus kecil anda  rusak karena terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten zat ini biasanya terdapat dalam gandum , barley dan gandum hitam. Lapisan usus yang rusak tidak akan menyerap nutrisi diantaranya yaitu vitamin D sebagaimana yang bisa dilakukan oleh usus yang sehat .
  • Obat Obatan
Beberapa jenis obat obatan yang memicu terjadinya penyakit osteomalasia seperti obat yang di gunakan untuk mengobati penyakit kejang , dalam obat tersebut mengandung zat yang akan mengakibatkan penyakit osteomalasia .
  • Gangguan ginjal atau hati
Ginjal merupakan bagian tubuh yang terpenting dalam tubuh kita . jika terjadi kerusakan pada ginjal akan menyebabkan  kemampuan ginjal anda dalam memproses nutrisi Vitamin D akan terganggu sehingga jika tulang kekurangan vitamin D akan menyebabkan penyakit osteomalasia.

Cara Mencegah Osteomalasia

Pencegahan Osteomalasia yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang tidak memadai atau kekurangan vitamin D sering dapat dicegah. Berikut adalah beberapa saran untuk membantu mengurangi risiko terkena osteomalasia. Luangkan beberapa menit di bawah paparan sinar matahari. Matahari merupakan sumber alami dari vitamin D. Meskipun penting untuk membatasi waktu untuk berada di bawah sinar matahari tanpa perlindungan, periode singkat terhadap paparan sinar matahari secara langsung akan membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D. tanyakan pada dokter anda mengenai waktu yang aman bagi tubuh anda terkena paparan sinar matahari. Makan makanan yang tinggi vitamin D. Makanan yang kaya akan vitamin D diantaranya ikan berminyak (salmon, mackerel, sarden), dan kuning telur. Cari juga makanan lain yang kaya akan vitamin D seperti sereal, susu, roti, dan yoghurt. Gunakan suplemen, jika diperlukan. Jika anda tidak mendapatkan cukup vitamin dan mineral dalam makanan anda, atau jika anda memiliki kondisi medis yang mempengaruhi kemampuan sistem pencernaan anda untuk menyerap nutrisi dengan baik, tanyakan pada dokter anda tentang penggunaan suplemen vitamin D dan sumplemen kalsium.

Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah osteomalacia :
  1. Memakan makanan yang tinggi akan vitamin D seperti ikan (sarden, salmon, mackerel), kuning telur, sereal, roti, susu, dan yoghurt
  2. Meminum suplemen bila diperlukan
  3. Pastikan tempat tinggal Anda mendapatkan cukup sinar matahari pagi
Rekomendasi
Untuk mengenali atau mengetahui info lebih lanjut mengenai penyakit osteomalacia atau penyakit tulang lainnya anda bisa berkonsultasi langsung dengan kami. Anda bisa menghubungi 0812 2442 9800 atau bisa Klik Di Sini

Rabu, 07 Oktober 2015

Tips Mencegah Penyakit Insomnia

Tips Mencegah Penyakit Insomnia, Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.
Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Penyebab Insomnia bisa dikarenakan beberapa hal seperti berikut ini :
  1. Masalah Kejiwaan Psikologi : Stress, masalah keluarga.
  2. Gaya hidup : Pemakaian obat perangsang seperti nikotin (rokok), obat penurun berat badan, asthma, pemakaian alkohol, jam tidur tidak teratur, malas bekerja/beraktifitas.
  3. Pengaruh Lingkungan : Gangguan suara/bising, cahaya yang terlalu terang.
  4. Mengalami Sakit fisik (sesak nafas, nyeri dan lain-lain).

Gejala-gejala dan tanda-tanda seseorang mengalami insomnia antara lain bisa berupa hal seperti berikut ini :
  • Sering bangun waktu malam.
  • Perubahan suasana hati.
  • Sering terbangun ketika tidur.
  • Sukar untuk memulai tidur.
  • Kantong mata hitam.
Tips Mengatasi Penyakit Insomnia

  1. Cobalah untuk tidur pada jam yang sama setiap malam
        Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi insomnia, karena tubuh manusia memang dirancang dengan jam biologis dan membutuhkan rutin tidur yang baik.
  2. Cobalah untuk meningkatkan aktivitas Anda di siang hari
        Dengan lebih aktif di siang hari, Anda akan lebih mudah untuk terlelap di malam hari. Tentu saja, untuk mengatasi insomnia, jenis aktifitas yang dibutuhkan adalah aktifitas fisik. Peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh akan membutuhkan istrirahat.
  3. Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, terutama menjelang malam
        Banyak yang mengira minum teh hangat atau coklat panas menjelang tidur akan memudahkannya terlelap. Kenyataannya, Anda justru tidak akan dapat mengatasi insomnia dengan teh dan coklat karena kandungan kafeinnya. Hindari makan berlebihan di malam hari khususnya menjelang tidur.
  4.     Khususkan tempat tidur hanya untuk tidur
        Sebisa mungkin, jangan bawa pekerjaan Anda ke tempat tidur, atau menonton televisi dari tempat tidur. Televisi dan komputer adalah salah satu faktor yang paling menyulitkan seseorang mengatasi insomnia.    
  5. Lakukan aktifitas santai sebelum tidur
        Jika dalam waktu setengah jam sejak Anda merebahkan diri Anda belum juga terlelap, cobalah bangun dan lakukan aktifitas yang santai, seperti membaca buku, sampai Anda mengantuk.
  6. Atur pernapasan agar lebih dalam dan panjang
        Itu dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. Banyak yang terbantu untuk mengatasi insomnia dengan cara ini.
  7. Upayakanlah agar kondisi kamar Anda kondusif untuk tidur
  8. Matikan lampu dan pastikan agar tidak ada suara-suara yang dapat mengganggu.
  9. Jangan terlalu terobsesi dengan tidak bisa tidur
        Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang yang terlalu khawatir soal tidak bisa tidur biasanya adalah yang paling kesulitan mengatasi insomnia. Ingatlah, meski insomnia adalah penyakit yang cukup serius, namun itu dapat diobati.
        
Tips Mengatasi Insomnia tanpa Obat
  • Jangan minum alkohol beberapa jam sebelum tidur.
Batasi diri untuk mengonsumsi wine atau koktail. Walaupun alkohol dapat membuat Anda merasa mengantuk, namun alkohol tidak bisa memberi Anda tidur yang nyenyak.
Ingat, alkohol bukanlah cara yang baik untuk mengatasi insomnia, alkohol justru malah menambah masalah.
  • Jauhi kafein setelah pukul 14:00 di sore hari.
Minuman yang mengandung kafein termasuk diantaranya yaitu minuman ringan (soda), minuman energi, kopi, dan teh.
Diperlukan waktu beberapa jam agar efek kafein hilang dari tubuh. Kafein yang masih bercokol di dalam tubuh akan membuat Anda susah tidur.
  • Hindari situasi stres di malam hari.
Bagi kebanyakan orang, ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.
Mulailah membuat perubahan gaya hidup dan mengambil waktu untuk merencanakan agenda harian Anda sehingga potensi stres berkurang dan tugas-tugas dapat diselesaikan lebih awal.
Lebih cepat tugas selesai maka Anda memiliki lebih banyak untuk beristirahat.
Salah satu cara terbaik untuk mengobati insomnia adalah pergi ke tempat tidur dengan pikiran yang jernih dan tenang. Hindari menjejali pikiran dengan masalah keluarga atau pekerjaan.
  • Pergi tidur lebih awal
Ini mungkin terdengar bertentangan bagi seseorang yang mengalami insomnia untuk menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidur.
Pergi tidur 30 menit lebih awal dari biasanya dan mengambil sebuah buku untuk dibaca akan baik untuk Anda.

Rekomendasi
Untuk mengenali atau mengetahui info lebih lanjut mengenai penyakit mata ikan anda bisa berkonsultasi langsung dengan kami. Anda bisa menghubungi 0812 2442 9800 atau bisa klik di sini